Universitas HKBP Nommensen Medan Siap Gelar Wisuda Online

Universitas HKBP Nommensen Medan

topmetro.news – Untuk pertama kalinya, Universitas HKBP Nommensen Medan menggelar wisuda secara online. Wisuda itu sendiri adalah untuk Periode I Semester Genap Tahun Akademik 2019/2020.

Kegiatan dimaksud menunjukkan, bahwa kampus yang berhasil menduduki jajaran 100 perguruan tinggi terbaik secara nasional, baik PTN maupun PTS itu, tetap produktif dalam proses akademik, walaupun di tengah merebaknya wabah Covid-19 saat ini.

Acara wisuda secara online tersebut akan dilaksanakan, Senin (6/7/2020) pukul 09.00 WIB hingga selesai.

Pemberitahuan ini disampaikan Wakil Rektor I Bidang Akademik Dr Richard AM Napitupulu ST MT, melalui surat edaran yang dikeluarkan Rektor Universitas HKBP Nommensen Medan, tentang Pelaksanaan Wisuda Secara Online No. 760/R/VI/2020. Edaran ini dikeluarkan, Senin (29/6/2020), menindaklanjuti Pengumuman No. 750/R/VI/2020 tertanggal (27/6/2020).

“Berdasarkan hasil rapat pimpinan, telah ditetapkan bahwa pelaksanaa wisuda Periode I Tahun Ajaran 2019/2020 yang awalnya diadakan secara tatap muka diubah menjadi secara online. Hal ini kita lakukan dengan mempertimbangkan perkembangan kondisi pandemic Covid-19 di Indonesia. Khususnya di Kota Medan yang masih terus mengalami peningkatan. Semoga semuanya dapat berjalan dengan lancar tanpa ada kendala,” ucap Rektor Universitas HKBP Nommensen Medan Dr Haposan Siallagan SH MH.

Haposan juga menjelaskan bahwa pihaknya sedang menyiapkan segala teknis pelaksanaannya. Wisuda online rencananya akan dilakukan menggunakan aplikasi ‘Zoom Meeting’. Juga akan ditayangkan secara ‘live streaming’ melalui YouTube pada akun UHN Medan Official.

Info Paket Wisuda

Calon wisudawan/i mengikuti prosesi wisuda dari kediaman masing-masing. Ada pun peserta yang mengikuti wisuda secara daring seperti biasa, yaitu program diploma, sarjana, profesi, dan pascasarjana (Program S2).

Informasi paket wisuda seperti baju toga dan topi, stola (selempang), emblem, dan masker universitas dapat diambil mulai Hari Kamis, 2 Juli 2020 di fakultas masing-masing.

Selanjutnya, mengenai perubahan uang wisuda dapat dilihat pada laman Instagram @universitashkbpnommensen. Sedangkan buku wisudawan/i dapat didownload mulai tanggal 7 Juli 2020 pada laman website resmi UHN Medan https://uhn.ac.id.

Alasan Zona Merah

Sementara itu, Kabiro Humas dan Kerjasama Dr Mian Siahaan MM, saat berbincang dengan topmetro.news, di Kampus Universitas HKBP Nommensen, Rabu (1/7/2020), membenarkan, bahwa sebelumnya, wisuda akan dilaksanakan secara tatap muka.

Bahkan sudah dipersiapkan segala sesuatu terkait rencana dimaksud, termasuk soal jadual. Katanya, wisuda offline itu direncanakan berlangsung dua termin per hari dan dilaksanakan selama lima hari. Tujuannya, untuk tetap bisa menjaga ‘social’ dan ‘physical distancing’.

Termasuk siapa saja yang boleh ikut dalam kegiatan, juga sudah diatur. Termasuk orangtua dan keluarga, diminta untuk tidak hadir ke lokasi wisuda. Sementara yang ikut acara harus ikut protokol kesehatan, mulai dari wajib masker, dan lainnya.

Namun kemudian, kata Dr Mian Siahaan, perkembangan Covid-19 di Medan makin mencemaskan. Bahkan Kota Medan disebut, sudah di atas zona merah. Sehingga akhirnya dengan terpaksa diambil keputusan, untuk dilakukan secara online.

Menjawab pertanyaan topmetro.news, Dr Mian Siahaan menyebut, bahwa uang administrasi wisuda yang sempat dibayarkan, akan dikembalikan saat pengambilan ijazah.

sumber | RELIS

Related posts

Leave a Comment